top of page

Group

Public·11 members

Program Parkir Dengan Bahasa C


Assalamualaikum,,,kesempatan kali ini saya akan menshare lagi tentang program bahasa c,yaitu menentukan biaya parkir yang di hitung berdasarkan lama parkir. dan biaya parkir dua jam pertama yaitu Rp.2.000 /jam, sedangkan /jam berikutnya dikenai biaya Rp.500.saya akan menggunakan logika percabangan if (kondisi) else yuk simak baik-baik..#include int main() int imasuk, ikeluar, ilama, ibiaya; printf("Menghitung Biaya Parkir\n\n"); printf(" Jam Masuk : "); scanf("%d",&imasuk); printf("\nJam Keluar : "); scanf("%d",&ikeluar); if (ikeluar >= imasuk) ilama = ikeluar - imasuk; else ilama = (12 - imasuk) + ikeluar; if (ilama >2) ibiaya = 2000 + ((ilama - 2)*500); else ibiaya = 2000; printf("\n\n Biaya Parkir Adalah : Rp %d \n",ibiaya); return 0; www.internetprogramerweb.blogspot.co.idjika sudah diketik di text editor langsung aja di compail di terminaldengan ketik " gcc -o (enter)kemudian ketik lagi "./ (enter)maka akan muncul program yang sudah dibuat, seperti gambar dibawah ini :www.internetprogramerweb.bogspot.co.idjika tampilan seperti diatas maka berhasil, dan jika masih ada masalah cermati penggunaan titik koma (;) atau yang lainnya.ok mungkin ini dulu yang bisa saya shareing kalau mau coba - coba yanglain bisa klik ini internetprogramerweb




Program Parkir Dengan Bahasa C



Halo sahabat programmer kali ini saya kembali membagikan contoh program tarif parkir dengan menggunakan C++. Artikel ini khusus buat teman-teman yang sedang belajar dasar-dasar pemrograman C++, dengan studi kasus tentang parkir kendaraan sederhana.


Ketika program berjalan user diminta untuk memasukan pilihan jenis kendaraan yang nilainya akan ditampung pada variabel jenis. Untuk menentukan biaya parkir kita menggunakan pemilihan switch case dimana nilai jenis yang dipilih/dimasukan oleh user akan dibandingkan dengan case yang terdapat dalam switch. Jika case 1 bernilai true maka akan diset nilai pada variabel harga=3000 dan tambahan=1000. Sedangkan jika case 2 bernilai true maka akan diset nilai variabel harga=2000 dan tambahan=500.


Pada pemilihan switch tersebut kita membuat perbedaan biaya parkir antara kendaraan roda empat (mobil) dan kendaraan bermotor yang tentunya kendaraan bermotor harus lebih murah dibandingkan dengan mobil.


Selanjutnya pengguna akan memasukan lama parkir jika lama parkir lebih dari dua jam maka akan dihitung biaya tambahan dengan rumus jam_berikutnya=((lama-2)*tambahan); lama sewa akan di kurangi 2 jam pertama lalu kemudian dikalikan dengan biaya tambahan perjam-nya untuk mobil Rp.1000/jam dan motor Rp.500/jam. Sebaliknya jika lama sewa tidak lebih dari 2 jam maka biaya tambahan untuk jam berikutnya tidak perlu dihitung.


Selanjutnya program akan menampilkan harga parkir untuk 2 jam pertama (disesuaikan dengan jenis kendaraan), kemudian biaya tambahan untuk jam berikutnya dan total bayar yang harus dibayarkan dimana total bayar dihitung dari harga parkir+biaya tambahan (jika >2 jam). Sehingga jika dijalankan output program seperti pada gambar berikut ini:


Pada contoh output diatas saya memilih jenis kendaraan dengan kode 2 yang artinya motor, saya memarkirkan kendaraan motor selama 4 jam, sehingga keluar biaya parkir untuk 2 jam pertama adalah Rp.2000 dan kemudian untuk 2 jam berikutnya 2 x 500=Rp.1000 sehingga total yang harus saya bayar adalah Rp.2000+1.000= Rp.3000.


Sekian pembahasan sederhana mengenai contoh program C++ tarif parkir kendaraan. Semoga bermanfaat dan membantu teman-teman dalam belajar, silahkan berikan komentar kalian dibawah postingan ini, Terimakasih.


Halo semua! Hari ini saya akan memberikan Source Code Sistem Parkiran denga Dev C++.. Jika anda yang sedang diberikan tugas mungkin oleh guru disekolah atau dosen tentang pemrograman C++ semoga dapat dijadikan referensi bagi anda untuk membantu yang sedang belajar membuat program dengan C++.


Jadi kemarin itu anak-anak yang ikut tutor diminta untuk bikin program penghitung ongkos parkir pake bahasa C. Diasumsikan kendaraan yang diparkir di tempat parkirnya nggak boleh nginep. Programnya minta inputan ongkos parkir untuk jam pertama, ongkos untuk jam berikutnya, jam masuk kendaraan ke tempat parkir, & jam keluar kendaraan dari tempat parkir. Contoh tampilan programnya kira-kira begini (yang di-bold & digarisbawahi itu inputan dari user).


Lalu pertanyaannya: gimana jadinya kalo menit keluarnya lebih kecil dari menit masuknya? Cara pertama tadi itu nilai selisih menitnya nggak mungkin negatif karena cara perhitungannya begitu, lalu gimana dengan cara kedua? Kita perlu tambahin potongan program kayak di bawah ini sesudah selisih jam & selisih menitnya didapet.


Jadi hitungan selisih jamnya 2 jam 30 menit. Sekarang kita hitung ongkos parkirnya. Perlu diinget kalo ongkos untuk jam pertama beda dengan ongkos untuk jam berikutnya & kalo ada hitungan menit di selisih jam parkirnya ongkos untuk sisa menit itu dianggap ongkos satu jam. Jadi kira-kira programnya harus dibuat begini.


Perulangan DO WHILE yang akan kita pelajari kali ini dalam banyak hal mirip seperti perulangan WHILE sebelumnya, namun dengan 1 kunci perbedaan. Apa itu? dalam lanjutan tutorial bahasa pemrograman C di Duniailkom kali ini kita akan bahas dengan lebih detail.


Sama seperti perulangan WHILE, di bagian start biasanya terdapat perintah inisialisasi variabel counter, misalnya i = 0. Kemudian di dalam block do ditulis kode program yang akan di ulang, tidak lupa sebuah perintah untuk menaikkan nilai variabel counter, misalnya dengan perintah i++.


Bjarne Stroustrup pada Bell Labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an. Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding). Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (object-oriented programming).


Dalam dunia pemrograman, algoritma digunakan untuk membuat software dengan berbagai kegunaan yang digunakan pada perangkat komputer. Algoritma dalam pembuatan software diimplementasikan dengan beberapa bahasa pemrograman seperti C/C++, C#, Visual Basic, dan bahasa pemrograman lainnya.Tanpa algoritma yang tepat, baris demi baris kode tidak akan menghasilkan output yang diinginkan. Oleh karena itu algortima sangat penting dalam membuat program berfungsi sebagaimana mestinya.


-Flow Line / garis alir adalah simbol yang digunakan untuk menghubungkan antara simbol yang satu dengan simbol yang lain (connecting line). Simbol ini juga berfungsi untuk menunjukkan arah aliran program.


hai sob, balik lagi nih, setelah kita bahas penggunaan array dan struktur.kita akan coba penggunaan strukture pada program C programming.kali ini penulis mencoba membuat aplikasi sederhana mengenai parkir kendaraan. dimana program menginputkan informasi mengenai kendaraan yang akan diparkir, setelah itu baru kita atur struktur aplikasi tersebut.


pada flow chart digambarkan proses aplikasi melibatkan penginputan suatu beberapa informasi mengenai kendaraan tersebut, yang nantinya akan dicetak dengan struct dalam bahasa Cok langsung aja sob kita fight code


FEB memiliki empat laboratorium komputer yang berada di empat lokasi program studi, setiap laboratorium berkapasitas 40 hingga 60 komputer personal dengan spesifikasi komputer terkini dilengkapi printer jaringan, alat pemindai dokumen. Fasilitas tersebut dapat digunakan oleh mahasiswa secara gratis (kecuali cetak).


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...
bottom of page